Kamis, 27 Februari 2020

Menanyakan Hasil Proses Recruitment di Perusahaan, Apakah Bisa?



Sore ini, saya dikirimi sebuah screenshoot dari group HRD yang saya ikuti. Yang isinya adalah HR.Recruitment diharapkan untuk mengembalikan berkas lamaran jika ada kandidat yang tidak lolos proses seleksi. Dengan maksud agar si kandidat tidak berharap lebih untuk bisa diterima di perusahaan tersebut dan mendapatkan keputusan bahwa ternyata ybs tidak lolos seleksi. Sebenarnya bagaimana sih proses seleksi di suatu perusahaan dan apakah kandidat boleh bertanya mengenai hasil di perusahaan tersebut?

Balik lagi kepada ketentuan perusahaan. Biasanya HR perusahaan akan memberikan informasi kepada karyawan ketika proses recruitment berjalan. Misalkan ketika proses pertama adalah interview, maka bagian HR akan memberitahukan tahapan apa saja yang akan kandidat lalui dan maksimal masa tunggu informasi mengenai hasil dari setiap proses tersebut. Di beberapa perusahaan, ada HR yang akan menginfokan ke kandidat mengenai hasil recruitment. Ada yang melalui email, whatsapp, telegram, ataupun melalui telephone. Maka dari itu cantumkan dengan detail mengenai hal-hal terkait contac person di surat lamaran.

Lalu jika sampai dengan jangka waktu yang sudah diinfokan tidak ada informasi yang diberikan oleh HR, apakah kandidat boleh menanyakan langsung ke HR di perusahaan tersebut? Menurut saya bisa saja, jika kandidat memiliki contac person langsung ke bagian HR (bisa alamat email recruitment atau nomer handphone tim HR nya) maka kandidat bisa untuk menanyakan hasil dari proses recruitment tersebut melalui email atau chat by whatsapp/telegram. Jika tidak punya contac personnya maka kandidat bisa untuk menelfon ke perusahaan tersebut untuk selanjutnya berbicara dengan bagian HRD. 

Yang perlu diingat adalah, ketika mendapatkan hasil dari proses recruitment dan info yang diterima tidak sesuai dengan harapan. Maka jangan sekali-sekali untuk berkata hal-hal yang tidak sopan. Karena ada beberapa kandidat yang pernah saya proses dan tidak lolos, ketika diinfokan ke kandidat kami mendapatkan balasan kata-kata yang kurang mengenakkan. Hal seperti ini sebaiknya dihindari karena kita tidak tahu apakah nanti ke depannya kita akan bekerja sama di perusahaan lain.

Berikan respon yang baik kepada HR walaupun tidak lolos seleksi, karena kami bisa merekomendasikan kandidat jika ada kebutuhan diperusahaan lain. Ikuti proses recruitment dengan baik, datang untuk psikotes atau interview sebisa mungkin jangan terlalu mepet dari jadwal yang ditentukan karena itu bisa menjadi salah satu penilaian ketika recruitment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar