Jumat, 25 September 2020

Memupuk Rasa Toleransi di Masa Pandemi Covid-19




Pengertian Toleransi

Ada beberapa pengertian toleransi menurut beberapa ahli, salah satunya arti toleransi menurut Tillman adalah sebuah sikap untuk saling menghargai, melalui pengertian dengan tujuan untuk kedamaian. Toleransi disebut-sebut sebagai faktor esensi dalam terciptanya sebuah perdamaian. 

Toleransi selain sebagai sebuah sikap yang positif, juga memiliki banyak manfaat seperti menguatkan nasionalisme, menguatkan persaudaraan, menciptakan keharmonisan dan kedamaian, melancarkan pembangunan negara, dan meningkatkan kekuatan iman. Jadi toleransi memang penting untuk ditanamkan kepada generasi penerus kita agar tidak mudah untuk terpengaruh akan hal-hal yang bisa memecah belah persatuan dan merusak keharmonisan. 

Pentingnya Toleransi di Masa Pandemi Covid-19

Hari ini saya baru mendapatkan kabar dari group WA (Whatsapp) yang ada di komplek rumah, bahwa di lingkungan perumahan saya ada beberapa keluarga yang sedang melakukan isolasi mandiri dikarenakan ada keluarga yang meninggal karena Covid-19.  Mereka sudah di swab dan tinggal menunggu hasilnya saja. Kaget sudah pasti, karena ternyata di lingkungan perumahan saya sudah ada yang terkena covid-19. Saya berusaha untuk tidak panik, namun tetap  meningkatkan kewaspadaan. Terus melakukan protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan, jaga jarak ketika mengobrol dengan tetangga, dll.

Lalu kami berinisiatif untuk mengumpulkan sembako seadanya, lebih ke makanan seperti susu, mie instant, gula, dll.  Karena mereka harus isolasi di rumah dan tidak boleh keluar rumah, sehingga untuk saat ini akan lebih bermanfaat jika kita memberikan sembako dibandingkan uang. Alhamdulillah sudah terkumpul beberapa barang yang semoga bisa bermanfaat untuk keluarga yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Pandemi ini sungguh menghawatirkan, karena siapa saja bisa kena. Mulai dari anak-anak, dewasa, lansia. Mereka yang terkena covid selain harus diberikan asupan gizi yang baik tapi juga harus diberikan semangat untuk sembuh. Tidak boleh stress agar imunnya tidak mudah turun. Namun banyak yang terjadi saat ini ketika ada orang yang terkena covid, itu menjadi bahan perbincangan. Seakan terkena covid adalah sebuah aib, sehingga ada orang yang terkena covid namun mereka tidak menginfokan ke RT/RW ataupun tidak melakukan isolasi mandiri dikarenakan takut menjadi bahan omongan orang. Hal ini yang malah akan membahayakan karena bisa menular ke orang lain. 

Masyarakat harus bisa meningkatkan toleransi di tengah pandemi yang melanda. Tidak memberikan stigma negatif kepada pasien yang positif covid-19, terhadap keluarga maupun kerabatnya melainkan memberikan suport dan menghindarkan pasien covid-19 dari hukuman sosial seperti pengasingan dan pengucilan oleh masyarakat. Dukungan mereka butuhkan guna menaikkan imun mereka yang akan berpengaruh terhadap proses penyembuhan, disamping dengan asupan gizi yang baik tentunya. 

Semoga kita bisa untuk terus bertoleransi dalam hal apapun, dan semoga pandemi ini segera berlalu. Aamiin


#ODOPday1 #ODOPISB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar