Selasa, 29 September 2020

Mengajarkan Pendidikan Politik kepada Anak


Saya ingat, dulu sewaktu pesta demokrasi yaitu pemilu. Anak saya yang pertama bertanya, "Bunda kenapa banyak sekali foto-foto orang di jalan, lalu kenapa jari bunda dicelupkan tinta?" atau sewaktu ia menonton TV dimana kebetulan sedang berlangsung demo. Ia bertanya kenapa orang-orang itu berkumpul di suatu tempat, lalu berteriak-berteriak seperti meminta sesuatu. Dan mulai ada beberapa pertanyaan yang ia lontarkan ketika sedang menonton berita. Dari situ saya merasa bahwa sudah saatnya saya mengenalkan pendidikan politik kepada anak saya. Namun sebenarnya, seberapa penting sih kita sebagai orang tua mengenalkan pendidikan politik kepada anak-anak kita?

Pendidikan politik bisa dikenalkan kepada anak-anak kita sedari dini, mulai dari rumah dan lingkungan keluarga. Misalkan memberikan latihan kepada anak untuk bisa menyatakan pendapat di muka umum, belajar untuk tidak bersikap curang , menerima segala perbedaan pandangan dan pilihan sehingga meminimalisir adanya bullying. Ataupun mengajarkan kepada mereka mengenai sikap mental dan moral, dimana harus berani mengakui kesalahan walaupun itu berat, peduli pada lingkungannya, memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan, berlaku adil dan selalu jujur di dalam segala kondisi dan sebagainya. 

Pendidikan politik merupakan istilah yang kerap digunakan oleh para praktisi pemberdayaan masyarakat untuk menggambarkan setiap proses yang dilakukan dalam kerangka meningkatkan kesadaran sosial masyarakat terhadap dinamika politik yang terjadi.

Mungkin berbicara mengenai politik merupakan suatu pempelajaran yang baru bagi anak, kita mengajarkan dan mengenalkan bahwa politik itu bukan hanya tentang kekuasaan saja, namun ada juga mengenai toleransi dan kedamaian di dalamnya. Dikarenakan hal ini merupakan hal yang baru maka perlu diperhatikan sebelumnya untuk mengamati dan memahami cara komunikasi yang tepat agar pesan yang ingin disampaikan tersalurkan dengan baik. 

Pendidikan politik yang dikenalkan sejak dini dan selalu terapkan dengan baik melalui pembiasaan-pembiasaan, diharapkan mampu memberikan pembelajaran bagi generasi penerus bangsa supaya generasi kita dimasa depan tidak menganggap politik sebagai sesuatu hal yang tabu. Bisa mewujudkan politik yang demokratis, adil, jujur serta bisa mewujudkan generasi yang melek politik. Kerena kepedulian para generasi muda ini nantinya akan menentukan nasib Bangsa di masa yang akan datang. 


#ODOPday3 #ODOPISB

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar