Senin, 09 Maret 2020

Konsultasi Mudah dengan Aplikasi Alodokter


Beberapa minggu belakangan ini saya merasakan hal yang aneh ketika saya bernafas, terasa kalau nafas saya cenderung pendek - pendek, cenderung sesak namun tidak parah dan sesekali dada saya terasa panas. Yang terkadang membuat panik adalah ketika 'serangan' itu datang, saya tidak berada di dalam rumah melainkan sedang beraktifitas di luar rumah. Seperti kejadian beberapa minggu yang lalu, saat rasa panas melanda dan nafas saya menjadi sesak, saya sedang berada dalam perjalanan ke kantor menggunakan kereta. Rasa cemas menambah rasa sesak itu terasa semakin menjadi. 

Akhirnya di hari Sabtu kemarin, saya coba untuk cek EKG sekalian mau konsultasi dengan dokter jantung di RS. Siloam Asri di daerah Duren Tiga. Agak lebay juga sih sampe harus ke dokter jantung segala *yang padahal kemungkinan itu karena efek asam lambung yang naik juga*, tapi mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? apagi penyakit jantung sekarang ini sudah mulai merambat ke usia 30an. Jadi gak ada salahnya untuk sekalian diperiksa.  Setelah di EKG yang gak sampai 5 menit, hasilnya pun keluar. Namun dikarenakan satu dan lain hal saya gak jadi untuk konsultasi ke dokter jantung, lalu atasan saya mencoba untuk recomendasikan Alodokter untuk menanyakan hasil dari EKG yang telah saya jalani.

Aplikasi ini sudah cukup sering saya dengar dan saya lihat melalui iklan, beberapa teman saya pun sudah pernah mencoba aplikasi ini dan menurutnya recomended. Kita bisa mendapatkan solusi sementara untuk penyakit yang kita alami untuk kemudian memutuskan apakah kita akan lanjut untuk bertemu langsung dengan dokter atau tidak. Akhirnya saya mendownload aplikasi ini dan melakukan register, proses registernya pun sangat mudah sekali. Hanya cukup memasukkan nomor hp saja dan voila, kamu sudah terdaftar di alodokter.

Tampilan Alodokter ini cukup simple, di bagian home akan tertera siapa saja dokter yang sedang online. Oh iya untuk konsultasi dokter melalui aplikasi ini itu ada jadwalnya ya. Biasanya akan selesai di kisaran pukul 23.00 malam dan di hari Sabtu agak susah menemukan dokter spesialis yang online, biasanya yang akan siap di chat adalah dokter umum. 

Nah selain dokter umum, tersedia juga dokter spesialis yang cukup lengkap. Mulai dari anak, jantung, kulit, gigi, bedah, sampai dengan psikolog. Namun untuk bisa chat dengan dokter tersebut, harus merogoh kocek sekitar 15.000 yang bisa dibayar melalui OVO, Gopay, Transfer Bank. 


Setelah bayar, kita sudah langsung bisa chat dengan dokter spesialis yang diinginkan. Bisa upload foto juga, jadi bisa menanyakan resep obat ataupun hasil dari Medical Checkup seperti saya. Katanya sih, jika dibutuhkan, dokter dari alodokter juga bisa untuk memberikan resep, namun untuk hal ini saya belum bisa pastikan karena ketika saya konsultasi tidak perlu diberikan obat.

So far ketika saya chat dengan dokter spesialis jantung yaitu dengan Dokter. Ayu, saya mendapatkan masukan dan jawaban yang baik dari hasil EKG saya kemarin. Dokter Ayu juga memberikan saran bagaimana menjaga pola makan untuk kesehatan jantung. Dan Alhamdulillah menurutnya hasil EKG saya masih dalam kategori normal, untuk selanjutnya bisa melakukan medical checkup hanya untuk memantau dan mengecek lebih detail mengenai jantunf saya. 

Well done, thank you alodokter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar