Kamis, 12 Maret 2020

[Review] Sekolah TK Amanah Cibodas Tangerang



Sudah hampir dua mingguan kemarin saya sibuk browsing-browsing untuk cari TK buat anak pertama saya, mengingat usianya yang memang sudah usia sekolah yaitu 5 tahun 8 bulan. Saat ini dia memang mengikuti PAUD di dekat rumah orang tua, namun saya ingin mencoba memasukkannya ke TK agar punya suasana baru. Di beberapa keluarga mungkin sudah ada yang memasukkan ke Sekolah Dasar di usia hampir mau 6 tahun. Namun saya berfikir untuk memantapkannya dan tidak memaksa anak saya jika memang dia belum siap untuk masuk sekolah dasar. Denger-denger mata pelajaran anak SD kelas 1 juga katanya sudah sulit.

Harapan seorang ibu pasti ingin menyekolahkan anaknya di tempat sebaik mungkin, begitupun saya. Namun melihat biaya masuk untuk TK saat ini saja sudah bikin ngelus-ngelus dada, ada yang sampai puluhan juta yang saya juga belum tahu kualitas sekolah tersebut seperti apa. Dalam benak saya berkata "TK aja udah mahal, apalagi SD". Untung saya dan suami bukan tipe yang memaksakan kehendak, hal yang kami tidak mampu maka tidak akan kami paksakan. 

Akhirnya saya pun lanjut untuk mencari TK di daerah tempat saya tinggal. Masalah lain adalah, saya mencari TK yang dekat dengan rumah sehingga mudah untuk diantar jemput. Suatu hari orang tua saya menyarankan saya untuk coba berkunjung ke TK Amanah yang ada di Jl. Empu Sendok Raya Cibodas Tangerang. Maka saya pun segera mencari tahu apakah masih ada slot siswa untuk tahun ajaran 2020/2021

Alhamdulillah, masih rezekinya. Masih tersedia 2 slot untuk penerimaan murid di tahun ajaran baru. Saya sempat berbincang-bincang dengan guru yang mengajar di TK tersebut, di TK Amanah menekankan kepada kemandirian. Misalnya saja jika ada field trip, orang tua tidak boleh ikut kegiatan tersebut. Kegiatan di TK Amanah lebih sering dilakukan diluar kelas. Jadi jam masuk kelas pukul 07.15 - 11.00, setengah dilakukan kegiatan di dalam kelas, sebagian lagi dilakukan di luar kelas tergantung anak mendapatkan kelas kegiatan apa. 

TK Amanah juga tidak menerapkan PR, kecuali orang tua murid meminta guru ybs untuk memberikan PR kepada anaknya. Hal tersebut cukup menarik perhatian saya karena saya pun setuju jika anak jangan terlalu diforsir dengan pelajaran-pelajaran, anak sekarang terlalu cepat jenuh dan bosan, namun kalau belajar sambil bermain maka mereka akan lebih menyukainya. 

Adapun biaya yang diinfokan masih cukup terjangkau. Untuk Biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000, Uang Gedung + Seragam 5 Stell sebesar Rp. 1.173.500. Uang SPP Rp. 185.000 dan ada juga uang kegiatan yang memang belum diketahui jumlahnya, Estimasi di tahun 2019 kemarin sebesar Rp. 2.700.000. Untuk uang kegiatan ini berkaitan dengan acara-acara yang akan diadakan di TK Amanah sampai wisuda dan penyerahan sertifikat. Semoga biaya uang kegiatan ini tidak terlalu jauh naiknya, kalau sudah ada update nya akan saya note kembali di Blog ini. 

Dengan mengucap Bismillah akhirnya saya mendaftarkan anak pertama saya di TK Amanah, semoga dia senang dan betah untuk bermain selama 1 tahun di TK ini. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar