Selasa, 05 April 2022

Pesan Moral dari Sebuah Iklan

Pernah gak lagi seru-serunya nonton film eh tiba-tiba terjeda iklan. Iya kalau iklannya hanya satu, ini iklannya banyak hehehe. Kezel gak sih??

Iklan adalah salah satu kegiatan promosi, pemasaran dan sebagai media pemberitahuan sebuah produk serta memiliki tujuan mengajak seseorang untuk membeli dan memakai barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat dipromosikan melalui media periklanan seperti televisi, radio, koran, majalah maupun internet. 

Iklan juga terdiri dari iklan komersial dan iklan non komersil. Iklan komersil adalah iklan yang digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan ekonomi dan meningkatkan penjualan produk dan jasa tersebut. Misalnya iklan konsumen, iklan bisnis dan iklan profesional. Sedangkan iklan non komersil adalah iklan yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi kepada orang lain. Tujuan untuk menambah wawasan, meningkatkan kesadaran diri, dan merubah sikap dari orang yang membaca atau melihatnya. Contoh dari iklan non komersial adalah iklan stop narkoba, iklan jaga jarak, iklan pendidikan, dan lain-lain.

Proses membuat iklan bukan suatu hal yang mudah, perlu strategi dan proses panjang agar apa yang ingin disampaikan tepat sasaran. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah adanya unsur kreatif baik itu dari segi pesan, model, eksekusi dan sebagainya. Adanya tagline yang melekat pada suatu iklan juga salah satu unsur kreatif yang harus diperhatikan. Misalnya ketika kita mendengar tagline "apapun makanannya, minumnya ...." atau tagline "Dibuka, dijilat, dicelupin". Yup, kedua tagline tersebut adalah bagian dari iklan teh botol sosro dan iklan oreo.

Saat ini banyak sekali iklan yang mempromosikan barang dan jasa namun dikemas dalam bentuk pesan moral. Salah satu iklan yang melekat di saya adalah iklan biskuat, tapi saya lupa iklan tersebut muncul di tahun berapa. Jadi iklan tersebut memunculkan seorang ibu yang merupakan seorang atlet lari. Ia sedang mengajari anaknya agar bisa menjadi seorang atlet juga. Setiap kali anaknya berhenti berlari maka ibu memberikan semangat agar ia terus berusaha berlari lagi, sampai akhirnya anaknya bisa berlari melewati kecepatan si ibu. Dari segi pengambilan sinematografinya menurut saya oke sih, ditambah narasinya yang bikin mata berlinang hehehe. Iklan ini menyampaikan pesan bahwa pentingnya peran orang tua baik ibu atau ayah untuk selalu memotivasi, meningkatkan daya juang , dan semangat untuk anak-anaknya. 

Iklan gojek juga cukup menarik perhatian saya, ada satu iklan gojek dengan tema cerdikiawan. Di dalam iklan tersebut terdapat inovasi-inovasi yang oke walaupun tidak seperti pada umumnya. Misal menggoreng telor pakai setrikaan, keramas pakai plastik yang digantung, peniti untuk memperbaiki sandal jepit, dan sebagainya. Ditambah narasi seperti suara Mba Najwa Shihab membuat kita gagal fokus hehehe. Iklan ini memberikan pesan bahwa sebagai anak bangsa kita harus terus memberikan inovasi, ide-ide bahkan yang tidak umum sekalipun namun bermanfaat. Jangan hanya jadi katak dalam tempurung.

Nah, kalian gimana nih? iklan apa sih yang menurut kalian oke baik dari segi pesan moral, sinematografi atau narasinya? share yuk di kolom komentar yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar