Selasa, 17 Januari 2023

Band Indie Fourtwnty

Berbicara soal lagu, saat ini saya lagi suka mendengarkan band-band indie. Sebutlah Mocca, Pure Saturday, White Shoes & The Couples Company, Efek Rumah Kaca, Payung Teduh, Banda Neira, Barasuara dan masih banyak lagi. Rata-rata band indie ini memiliki ciri khas tersendiri baik di lirik lagu, arransemen, ataupun kostumnya.

Istilah indie diambil dari kata 'Independent' yang artinya bebas. Indie bukan termasuk ke dalam genre musik seperti pop, rock, dangdut, atau jazz. Tapi grup indie adalah grup yang mandiri dan bebas, tidak terikat oleh label sehingga lebih bisa mengexplore ide kreatifnya mulai dari lirik lagu, alat musik, cara berpakaian dan lain-lain. Musisi indie mengedepankan kebebasan dalam menyalurkan kreativitas mereka.

Salah satu grup indie yang saya suka adalah Fourtwnty. Band yang beraliran folk, jazz dan akustik ini sukses di kancah musik Indonesia. Band yang terdiri dari Ari Lesmana, Nuwi dan Roots ini aktif mulai tahun 2010 merilis karya perdana mereka dalam bentuk mini album berjudul “Setengah Dulu”, yang dirilis pada bulan Desember 2014. Animo penggemar yang cukup antusias membuat mereka semakin bersemangat, sehingga pada bulan Mei 2015 merilis full album berjudul “Lelaku”. Di Tahun 2017 Fourtwnty dipercaya untuk mengisi salah satu sountrack film Filosofi Kopi 2 yang berjudul 'Zona Nyaman'.

Nada-nada yang dibawakan oleh Fourtwnty cukup santai dan nyaman sehingga bisa masuk ke semua kalangan baik muda ataupun tua. Pesan-pesan di lagu mereka juga kena di dalam kehidupan kita. Saya suka dengerin lagu-lagunya Fourtwenty pas di jalan pergi atau pulang kerja, di cafe sembari baca buku apalagi kalau sambil hujan. Lagunya cocok buat didengarkan oleh para melankolis seperti saya. Eh, buat yang lagi galau juga kayaknya cocok deh hehehe

Hitam putih, Kita pasti tua, Aku Tenang, Kursi goyang, Fana Merah Jambu adalah beberapa lagu dari Fourtwnty.  Nah kalau kalian, siapa nih band indie favorite kalian dan kenapa kalian suka sama group band tersebut? Share di kolom komentar ya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar