Jumat, 27 Januari 2023

Belajar dari Siapapun, Kunci Menuju Kesuksesan

Sepanjang hidup saya bertemu dengan banyak orang walau hanya sekedar singgah ataupun bertemu sebentar. Mengambil pelajaran tentang pengalaman mereka yang pastinya bermanfaat buat saya. Seru ketika mendengar mereka bercerita, bukan sengaja memberi nasihat namun memang hanya bertukar fikiran dan sharing pengalaman saja. 

Buat saya, belajar tidak mengenal usia. Dan saya selalu berusaha 'mengosongkan gelas' ketika bertemu dengan orang baru supaya lebih banyak menyerap ilmu yang mereka berikan. Dari obrolan itu terkadang membuka fikiran saya tentang hidup, tentang bagaimana menangani masalah, tentang apapun.

Orang-orang yang singgah di hirup saya dan membuat perubahan besar untuk saya adalah ketika saya bekerja. Dulu saya merasa kalau saya cenderung susah berkenalan dengan orang baru (walaupun sekarang sedikit masih suka minderan hehe), merasa bahwa komunikasi kurang, gak percaya diri. Lalu Qodrarullah di tahun 2010 saya diterima di satu dealer mobil sebagai staf HRD. Mulailah saya belajar bagaimana menjalin komunikasi dengan rekan kerja, dengan para karyawan dengan berbagai karakter, melakukan psikotes ketika merecruit karyawan baru, bertemu dengan vendor dan hal lain terkait pekerjaan sebagai staf HRD.

Di awal-awal masuk saya merasa stress, apalagi jika ingin panggil karyawan untuk konseling. Saya yang tipe to the point harus mengolah kata walau hanya sekedar basa basi. Belum lagi jika ada karyawan yang komplain terkait gaji ataupun jam kerja dan tuntutan dari atasan saya yang begitu keras karena sedang deadline recruitment.  Baru 3 minggu kerja saya langsung sakit karena indikasi kena tipes. Saya pun sempat menyerah karena tidak kuat dengan perubahan yang ada. 

Namun saya tahu saya pasti bisa, ditambah sulitnya mencari kerja membuat saya berfikir kembali mengenai keputusan saya keluar dari perusahaan tersebut. Salah satu orang yang membuat perubahan dalam hidup saya salah satunya karena atasan saya. Beliau memberikan saya kesempatan untuk mencoba hal-hal yang sempat saya takuti, merubah pola fikir saya, membuat saya bisa dengan baik berdiri di posisi saat ini. Saya bisa berdiskusi dengan baik, menemukan problem solving dari masalah yang ada dan mengatur tim saya dengan cukup baik walau pasti masih banyak kekurangan.

Terkadang kita akan bertemu dengan orang yang kita tidak sukai, namun ternyata orang tersebut adalah orang yang paling banyak memberikan perubahan ke arah positif tanpa kita sadari. Merubah perilaku, pemikiran, problem solving dan sebagainya. Maka dari itu pelajaran buat saya bahwa berteman dengan siapapun dan belajar dari siapapun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar