Sabtu, 13 Februari 2021

Belajar Mandiri Ketika Kuliah


Saya kuliah di salah satu Universitas swasta di daerah Depok, dan saat itu adalah saat pertama kalinya saya merantau. Ya, kuliah di daerah Depok mengharuskan saya untuk ngekos, karena tak mungkin saya harus pulang balik Tangerang – Depok apalagi di awal-awal semester dimana jadwal kuliah begitu padat. Menurut saya ini bisa dikategorikan merantau walaupun jarak antara Tangerang dan Depok tidak begitu jauh hehehe.

 

Ada rasa khawatir dalam diri, ketika memutuskan untuk ngekos berarti saya harus mandiri untuk melakukan segala sesuatunya. Mulai dari mengatur waktu sampai dengan mengatur keuangan. Karena waktu itu saya diberikan uang saku bulanan jadi cukup gak cukup ya harus cukup J. Beruntung waktu saya kuliah tidak terlalu banyak tempat makan yang menjamur dan belum booming juga untuk promo-promo jajan yang menggiurkan seperti saat ini. Jadi terkadang masih bisa menyisihkan uang jajan walaupun tak jarang harus puasa juga karena uangnya sudah habis.

 

Setiap manusia pasti perlu menyesuaikan diri apalagi jika berada di lingkungan yang baru. Begitupun dengan saya. Berada di lingkungan yang baru baik dari segi tempat dan teman membuat saya homesick. Apalagi ada kejadian yang tak mengenakkan ketika saya masuk kuliah. Jadi hal tersebut cukup membuat saya stress dan merasa ingin pulang saja. Namun lambat laun saya merasa mulai bisa menemukan ritme dan juga mulai nyaman dengan lingkungan baru. Bertemu dengan teman-teman baru, mulai nyaman dengan suasana kosan walaupun harus pindah tempat beberapa kali.

 

Ada beberapa tips dari saya untuk teman-teman yang sedang merantau :

  • Teguhkan Niat

Seperti saya bilang sebelumnya bahwa memutuskan untuk merantau memerlukan kebulatan tekad. Apapun masalah yang lalui kita harus yakin bisa melaluinya.

  • Perbanyak teman

Menjalin pertemanan di perantauan sungguh sangat menyenangkan. Kita bisa berkenalan dengan orang tuanya. Dan mungkin sesekali bisa menginap terlebih ketika akhir bulan hehehe.

  • Belajar Masak

Ngumpulin resep satu-dua penting loh, apalagi kalau sudah akhir bulan. Skill memasak telor dadarmu bisa diaplikasikan ketika ngekos loh J

  • Lebih menghargai keluarga

Jujur ketika saya ngekos, saya lebih sering berkomunikasi dengan orang rumah. Dan itu membuat saya menjadi terasa dekat walaupun sebenarnya kami berjauhan.

 

Itulah sedikit pengalaman saya ketika merantau menuntut ilmu. Banyak duka namun tak sedikit duka. Namun hal itu yang menjadikan kita untuk bisa lebih mandiri.



Pic : Hipwee

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar