Senin, 15 Februari 2021

Para Motivator Favorit di Dalam Hidup Saya

 


Ada kalanya kita merasa jenuh dengan keadaan atau rutinitas yang itu-itu saja. Merasa lelah, kurang bersemangat atau merasa ingin menyerah saja menghadapi situasi yang ada. Jika sudah menghadapi perasaan seperti ini, mungkin kita memerlukan motivasi dari orang lain.

Motivasi adalah suatu kondisi yang berpengaruh untuk membangkitkan, mengarahkan serta memelihara perilaku yang berubungan dengan lingkungan kerja. Motivasi bisa diartikan sebagai dorongan atau alasan yang menjadi dasar semangat seseorang untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan tertentu. Arti lain dari motivasi adalah semua hal yang menimbulkan dorongan atau semangat di dalam diri seseorang untuk mengerjakan sesuatu. Jadi motivasi memang terbagi menjadi dua jenis yaitu  motivasi internal (motivasi yang datangnya dari dalam diri sendiri) dan motivasi external (keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang disebabkan oleh faktor dorongan dari luar diri sendiri untuk mencapai suatu tujuan)

Orang yang memberikan motivasi disebut dengan motivator. Motivator adalah orang yang berprofesi sebagai pembicara yang memotivasi orang banyak dengan ilmunya. Biasanya seorang motivator ini berasal dari kalangan pengusaha sukses, psikolog atau orang yang menguasai ilmu komunikasi dengan baik.

Berbicara mengenai motivator favorit, jujur saya bingung untuk memilih siapa motivator favorit saya. Karena berbeda motivator untuk setiap kasus yang saya alami. Misalkan kalau harus mencharge iman, maka saya biasanya mendengarkan nasihat atau suntikan ceramah dari Ustadz seperti Alm Syekh Ali Jaber, Quraish Shihab ataupun Ustadz Yusuf Mansur. Kalau mengenai finansial biasanya saya mendengarkan motivasi dari Prita Ghozie ataupun Ligwina Hananto. Cara mendidik anak biasanya saya mendengarkan motivasi dari Kak Seto Mulyadi, Ayah Edy ataupun melihat video-video tentang cara pengasuhan anak di IG salah satunya adalah Tanam Benih.

Tapi diantara semua yang saya sebutkan di atas, motivator terbaik saya adalah ibu dan diri saya sendiri. Nasihat ibu itu memang biasanya itu-itu saja sih hehehe, hanya saja terasa menenangkan jika beliau sudah berbicara. Dan motivator terbaik berikutnya adalah diri saya sendiri, dimana semua hal yang saya dengarkan dari seseorang akan sia-sia jika tidak ada kemauan dari dalam diri untuk berubah.


Pic : Pinterest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar