Sabtu, 25 Maret 2023

Di Usia Berapa ya Idealnya Memasukkan Anak ke SD?

Rasa galau melanda saya dalam beberapa bulan terakhir ini, galau karena pengen jalan-jalan tapi belum gajian bun? hahaha bukaann. Tapi galau karena memutuskan adik mau dimasukkan ke SD tahun ini atau tidak. Saat ini usia adik di 5 tahun 10 bulan dimana ketika dia masuk SD berusia 6 tahun 2 bulan. Sebenarnya yang membuat saya galau adalah kalau adik tidak dimasukkan ke SD tahun ini maka akan bentrok dengan kakaknya ketika kakaknya keluar dari SMP, yang satu masuk ke SMA dan satunya masuk SMP.

Sebenarnya dari segi kemantapan untuk membaca dan menulis saya  rasa adik sudah bisa, namun ada aspek lain yang harus dilihat ketika memutuskan untuk memasukkan anak ke SD seperti kemandirian dan kesiapan psikisnya. Saya harus memikirkan kembali apakah memang sudah seharusnya dia masuk ke SD tahun ini, jangan sampai hanya karena ego saya jadinya malah mengorbankan anak. Lalu sebenarnya di usia berapa tahun sih yang ideal untuk memasukkan anak ke SD?

Syarat Masuk Sekolah Dasar (SD)

Menurut Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengan Kejuruan. Syarat masuk Sekolah Dasar adalah 7 tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Dalam pelaksanaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), SD memprioritaskan penerimaan calon peserta didik baru kelas 1 yang berusia 7 tahun, namun dapat dikecualikan menjadi paling rendah 5  tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan bagi calon peserta didik yang memiliki: a. kecerdasan dan/atau bakat istimewa; dan b. kesiapan psikis.
Calon peserta didik yang memiliki kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional, jika psikolog profesional tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru sekolah yang bersangkutan.

Saya pernah menonton Ibu Elly Risman, salah satu psikolog favorite saya di salah satu takshow  yang ditayangkan di salah satu stasiun tv swasta. Saat itu sedang dilakukan pembahasan terkait dampak sekolahkan anak terlalu dini. Menurut beliau idealnya anak masuk ke Sekolah Dasar adalah pada usia 7 tahun dimana pada usia tersebut otak anak sudah cukup matang untuk menerima pelajaran-pelajaran, aturan-aturan, dan sebagainya. Masa peralihan dari masa bermain ke masa belajar. Karena usia yang benar-benar siap untuk belajar adalah usia 8 tahun.

Sebelum usia tersebut, baiknya yang terpenting adalah bermain, menumbuhkan kelekatan dengan orang tua dan melatih perasaan atau empatinya. Kelekatan hubungan orang anak-orang tua penting dilakukan di awal-awal usia anak. Jika orang tua menyekolahkan anak terlalu dini, anak akan mengalami kebosanan belajar yang waktunya tidak bisa ditebak. Sehingga akan menyulitkan orangtua maupun pendidik dalam mengatasinya.

Jadi Bismillah saja ya, InsyaAllah sepertinya saya akan memasukkan adik ke SD di usia 7 tahun lebih sedikit. InsyaAllah dengan begitu saya harap adik bisa matang untuk menerima pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar