Jumat, 24 Maret 2023

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Bagaimana puasanya di hari kedua ini Bun?  Semoga selalu lancar sampai nanti kita meraih hari kemenangan ya. Puasa tahun ini kembali lagi saya mengajari anak-anak saya untuk belajar berpuasa, mengajarkan makna dari berpuasa yang tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga namun juga untuk menahan hawa nafsu. 

Mengajarkan anak untuk berpuasa bukan hal yang mudah ya Bun, butuh komitmen antara orang tua dan anak dan pehaman yang baik tentang arti puasa. Sehingga anak menjalankan ibadah puasa dengan kesadaran diri dan bukan karena paksaan. Karena biasanya jika berpuasa karena dipaksa atau malah memberikan hukuman kepada anak, maka anak akan berpuasa hanya ketika ada orang tua saja. Ajarkan anak untuk berpuasa karena Allah, menahan diri untuk menahan hawa nafsu sehingga diharapkan nantinya ia menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah dan mampu untuk memilah mana yang perlu dan mana yang tidak

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Memang tidak ada patokan usia untuk mengajarkan anak berpuasa, yang penting dilakukan sedini mungkin dan dilihat apakah anak sudah bisa kita ajarkan untuk berpuasa. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak berpuasa.

1. Lakukan secara bertahap
Ada baiknya orang tua mengajarkan puasa secara bertahap. Misalnya di hari atau minggu pertama bisa buka puasa di pukul 10, lalu lanjut lagi untuk berpuasa sampai dengan azan berkumandang. Tidak masalah jika dalam tahun pertama anak belum bisa untuk berpuasa sehari penuh, kita bisa coba kembali di tahun berikutnya. Terus menerus secara bertahap sampai akhirnya anak bisa berpuasa 1 hari full.

2. Ajak anak melakukan ngabuburit menjelang berbuka
Puasa identik dengan ngabuburit, ngabuburit memiliki makna menunggu saat berbuka puasa sambil bekerja, bermain, berolahraga sampai tiba waktu Magrib. Menjelang berbuka anak biasanya sudah mulai lemas, bosan, mengantuk. Kita bisa ajak mereka untuk melakukan aktifitas seperti mewarnai, membuat prakarya, menonton film religi. Bisa juga mengajak anak berjalan-jalan keluar melihat orang-orang membeli makanan untuk berbuka puasa.

3. Apresiasi usaha anak ketika berpuasa 
Apresiasi usaha anak dalam berbuasa walau ia tidak berpuasa satu hari penuh, karena dengan apresiasi dari kita bisa meningkatkan motivasi anak untuk terus belajar berpuasa. Berikanlah apresiasi melalui kata-kata atau hadiah seperti baju lebaran yang ia sukai.

4. Menjadi teladan bagi anak
Kita adalah teladan yang baik bagi anak-anak. Jangan sampai orang tua menyuruh anak untuk berpuasa tapi ia sendiri tidak berpuasa. 

Yuk semangat membersamai anak menjalankan ibadah puasa ya Ayah Bunda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar