Selasa, 12 Januari 2021

Cara Menemukan GRIT Dalam Diri

 

Ada yang sudah pernah mendengar atau mengetahui tentang GRIT? kalau saya jujur baru pertama kali mendengar dan akhirnya mencari tahu lebih jauh tentang GRIT ini. Dan setelah saya membaca dan menonton video yang membahas tentang GRIT di Youtube (salah satunya channel youtube si kutu buku), ternyata saya sudah dan sedang melewati masa tersebut loh. Untuk lebih jelasnya yuk kita bahas secara singkat mengenai GRIT ini.


Pengertian GRIT

GRIT didefinisikan sebagai ketahanan dan semangat untuk mencapai tujuan jangka panjang. Istilah ini dipopulerkan oleh seorang profesor dan psikolog dari Pensyilvania University, Angela Duckworth. GRIT atau daya juang secara positif ini merupakan keinginan seseorang secara individu untuk mencapai sebuah pencapaian yang diinginkan. Tak perduli jika ia harus gagal dalam mencapai keinginannya tersebut, namun ia akan terus berusaha melakukan hal tersebut terus menerus sampai keinginannya tercapai.

Menurut Angela Duckword di dalam bukunya yang berjudul GRIT, The Power of Passion and Perseverance, pencapaian itu tidak hanya berasal dari bakat. Namun merupakan gabungan dari passion dan kegigihan. Ketika kita hanya fokus pada bakat saja namun tidak konsisten dan gampang menyerah maka goal yang kita inginkan akan sulit dicapai. Duckword mengatakan, bakat dibarengi dengan usaha maka akan muncul keahlian. Namun jika keahlian dibarengi dengan usaha maka akan muncul keberhasilan. Dalam hal ini usaha disebutkan dua kali, karena usaha akan memunculkan keahlian dan usaha juga yang akan membuat keahlian menjadi keberhasilan. 


4 Ciri GRIT yang Harus Diketahui

1. Kesukaan

Cari hal yang kamu sukai. Kalau saya misalnya, saya suka menulis dan ada beberapa skill lain yang sedang saya pelajari. Seperti dunia marketing (karena saya ada usaha jualan online juga) dan berkebun. Jika kita memiliki banyak hal yang kita sukai, itu wajar karena lambat laun kita juga akan menemukan passion kita itu sebenarnya dalam hal apa.

2. Latihan

Jika kita menyukai sesuatu hal tapi tidak pernah diasah, maka akan jadi percuma. Skill kita tidak akan pernah upgrade. Saya suka menulis, maka dari 3 tahun yang lalu saya ikut challange menulis walaupun masih taraf belajar. Seperti misalnya ikut @30haribercerita dan KLIP. Atau di pertengahan tahun kemarin saya ikut ODOP (One Day One Post). Namanya juga belajar, kalau ada kritik dan saran harus bisa menerima sebagai masukan untuk meningkatkan skill kita.

3. Tujuan

Apa sih alasan kamu melakukan hal tersebut?  Kalau tujuan saya menulis untuk meningkat kan skill saya agar menjadi lebih baik.

4. Harapan

Bisa dikatakan mimpi kita kedepan itu seperti apa dengan skill yang sedang kita pelajari. Misal saya ingin supaya saya bisa menjadikan kesukaan saya ini sebagai income utama, atau supaya bisa membuka pelatihan menulis, dan lain sebagainya.

Merasa jenuh dan merasa ingin menyerah sudah pasti pernah dialami. Namun dengan tekad dan terus berjuang dalam mencapai keinginan harus terus diasah.


Nah teman-teman, apakah sudah menemukan GRIT dalam diri kamu?

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar