Jumat, 08 Januari 2021

Harapan di Tahun 2021


Tahun ini saya mencoba untuk melakukan sesuatu yang barangkali sudah dilakukan oleh kebanyakan orang-orang zaman sekarang. Apakah itu? Yup, membuat akun channel youtube. Sebenarnya sudah lama saya ingin membuat channel youtube, namun karena kebanyakan mikir kira-kira akan upload konten seperti apa ya, jadinya malah enggak buat-buat.

Nah kebetulan banget saya mendapatkan tugas dari ISB untuk membuat puisi bebas dan diupload di channel youtube atau instagram story, berhubung saya belum percaya diri jika diupload di instagram, alhasil saya akan upload di youtube saja.

Seperti yang saya infokan tadi kalau saya mendapatkan challenge untuk membuat puisi bebas menyambut tahun baru 2021. Apa sih puisi bebas itu? Puisi bebas adalah puisi yang tidak terikat oleh rima dan matra, serta tidak terikat oleh jumlah larik dalam setiap bait dan jumlah suku kata dalam setiap larik.

Cara Menuliskan Puisi Bebas

Kalau menurut situs wikihow, ada beberapa cara menuliskan puisi bebas yaitu:

1.    Pilihlah subjek atau tema

2.    Pikirkan caramu mendekati topik dan subjek

3.    Tuliskan daftar kata kunci atau gambaran yang berhubungan dengan subjek atau tema.

4.    Buat draf pertama

5.    Revisi dan sunting draf puisimu.

6.    Bacakan draf akhirmu kepada seseorang sebelum diserahkan

7.    Berekspresilah sebebas mungkin, tetapi jangan lupa kamu sedang menuliskan puisi.

8.    Simaklah beberapa contoh puisi bebas yang efektif.

9.    Analisis contoh yang ada

Sejujurnya saya masih harus belajar banyak untuk membuat puisi yang baik, yang sesuai kaidah yang seharusnya. Semoga puisi yang saya buat hasilnya masih bisa diterima ya. Berikut saya tuliskan di sini untuk puisi yang telah saya buat.

Harapan di Tahun 2021

Tak terasa, aku sudah sampai di penghujung tahun 2021. Rasanya baru kemarin aku memulai tahun ini dengan semua rencana yang sudah kususun.

Begitu banyak rencana yang harus berubah. Pandemi seketika datang dan tak kuduga akan menjadi sebesar ini. Takut, khawatir, pasti pernah dirasakan. Beberapa kali harus kehilangan orang-orang yang aku sayangi karena virus ini.

Entahlah, tidak ada seorangpun yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir. 

Setahun, dua tahun lagi? Semoga semua ini cepat berlalu.

Namun memasuki tahun 2021, harus dengan harapan baru. Menjadi penyemangat kita untuk bisa mencapai semua mimpu yang sempat tertunda.

Harus, semangat itu harus tetap ada.

 

Itulah sebait puisi yang saya buat. Bisa cek di channel youtube saya ya https://youtu.be/MEDShqUtoGU

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar