Minggu, 03 Januari 2021

Kaleidoskop 2020 - Perjuangan di Tahun 2020

Hari ini adalah hari ke tiga di awal bulan Januari 2021. InsyaAllah masih ada 362 hari lagi yang harus kita jalani. Berjuang dan berusaha, bangkit kembali ketika gagal. Tidak boleh menyerah, karena kita harus optimis untuk bisa terus melewati segala hambatan yang ada walaupun keadaan di 2021 masih belum bisa dikatakan back to normal


Tahun 2020 pun tidak bisa dikatakan tahun yang bagus buat saya, pandemi ini datang dan mengubah sebagian besar rencana yang sudah saya susun. Belum lagi ada hal-hal yang membuat saya harus out of the box, mencari jalan keluar dari permasalahan yang saya hadapi. 


Seperti di awal pandemi ini datang, perusahaan tempat saya bekerja harus merumahkan dan memPHK beberapa persen karyawannya. Belum lagi pemotongan penghasilan dikarenakan perusahaan tempat saya bekerja termasuk ke dalam perusahaan cukup terkena imbas dari pandemi ini. Sehingga perusahaan benar-benar harus mereview dan meminimalisir cost yang ada.


Saya pun melakukan segala sesuatu di rumah saja. Diperlukan penyesuaian dari segala aspek, penyesuaian bekerja dari rumah, menemani anak untuk belajar dari rumah secara daring, beribadah pun dari rumah. Terlebih saat itu ramadhan datang, rasa sedih menghampiri ketika tarawih dilakukan di rumah. Tapi ketika shalat Idul Fitri Alhamdulillah saya dan keluarga bisa melaksanakan di Masjid, tentunya dengan protokol ketat yang berlaku.


Namun 2020 juga memberi kebahagiaan, saya bisa lebih dekat dengan anak-anak karena kebanyakan di rumah. Memantau perkembangan mereka, bermain serta menemani mereka ketika belajar daring. Saya pun bisa punya waktu untuk melakukan hal yang saya sukai dan belajar hal baru seperti berkebun dan juga ikut kursus online.


Saya pun bisa fokus untuk mengurus bisnis online shop yang sudah saya rintis 3 tahun yang lalu, waktu itu karena kesibukan saya bekerja jadi sempat tidak terurus. Alhamdulillah saat ini bisnis saya mulai berjalan kembali, income nya bisa menjadi pemasukan tambahan.


Segala sesuatu yang terjadi di tahun 2020 merupakan ujian berat untuk kita, untuk bangsa Indonesia. Untuk kita bisa sampai pada hari ini merupakan suatu hal yang luar biasa. Terima kasih pada diri kita sendiri, kepada support system yang ada di lingkungan kita. Tapi kita masih harus berjuang di tahun 2021 ini.


Semoga harapan baik ada di tahun 2021, semoga semua rencana yang sudah tersusun bisa terlaksana dengan baik, semoga kita semua diberikan kesehatan dan pandemi ini segera berakhir. 




2 komentar:

  1. Aamiin.. semoga corona lekas berakhir. Tetap semangat kak. Moga tahun 2021 ini bisa lebih baik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya semoga semua cepat berlalu ya. Jaga kesehatan dan tetap semangat juga kaka :)

      Hapus