Senin, 23 November 2020

5 Film Perjuangan yang Patut Ditonton

Apa judul film perjuangan yang kalian ingat? kalau saya pastinya film Penghianatan G30S-PKI. Film tersebut dulu selalu saya tonton setiap akhir bulan September di TVRI. Film ini menceritakan tentang rencana busuk PKI sejak 13 Januari 1965 di Desa Kanigoro, kabupaten Kediri sampai puncaknya menjelang tanggal 1 Oktober 1965. Film itu banyak dibicarakan sebagai film terlaris, terpanjang, dan isi ceritanya yang bersifat dokumenter.

Namun pada tahun 1998, film tersebut berhenti ditayangkan, entah apa alasannya. Dan baru diputar kembali pada tanggal 30 September 2020 di salah satu stasiun tv swasta. Lalu saya berfikir, selain  film G30S-PKI, film apalagi sih yang identik dengan semangat perjuangan. Lalu saya searching di internet dan menemukan beberapa film perjuangan yang sepertinya bagus untuk ditonton. 

 

·         Kartini 

Film ini masuk ke daftar list yang harus saya tonton waktu itu. Selain karena saya suka dengan akting mbak Dian Sastrowardoyo, saya rasa film Kartini juga mengingatkan kita tentang perjuangan seorang perempuan dalam memperjuangkan hak-hak perempuan pada masa itu. 

 

·         Guru Bangsa Tjokroaminoto 

Oemar Said Tjokroaminoto adalah salah satu pahlawan berjasa yang berusaha menyadarkan masyarakatnya akan pentingnya pendidikan. Mempunyai riwayat kaum bangsawan Jawa, Ia tidak tinggal diam dalam melihat kondisi kemiskinan dan kesenjangan sosial. Pahlawan ini berani meninggalkan status bangsawannya untuk menjadi pekerja kuli. Berjuang menyelamatkan hak serta masyarakat yang terjajah, dorongan ini membuat lahirnya tokoh serta gerakan kebangsaan.

 

·         Naga Bonar 

Sebenarnya film ini lebih ke arah komedi situasi ya, namun film mengangkat peristiwa perjuangan rakyat Sumatera Utara melawan Belanda yang kembali ingin menguasai Indonesia setelah kemerdekaan patut untuk ditonton. Apalagi  di tanggal 8 Mei 2008 film ini kembali diedarkan dengan judul Naga Bonar Jadi 2. 

 

·         Wage

Untuk film yang satu ini jujur saya belum pernah tonton, namun kalau dilihat sinopsisnya sih bagus buat ditonton.  Film ini mengisahkan sosok kehidupan Wage Rudolf Soepratman yang dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Keseluruhannya, John De Rantau sebagai sutradara mengulas sosok Wage yang mempunyai sisi kehidupan yang belum diketahui oleh banyak orang.

 

·         Battle of Surabaya

Film animasi keren loh, dan entah kenapa saya nangis pas nonton ini. Film ini menceritakan tentang Musa, anak muda yang bekerja sebagai tukang semir sepatu sekaligus menjadi kurir bagi para pejuang di Surabaya. Tokoh Musa membawa misi untuk membawakan pesan dan mengirimkan surat-surat rahasia arek-arek Suroboyo yang sedang berjuang hingga mengalami berbagai pengalaman hebat. Battle of Surabaya memenangkan banyak penghargaan, termasuk dalam kategori "Best Animation" di tiga ajang internasional yang berbeda pada 2018, yakni Hollywood International Motion Pictures Film Festival, European Cinematography Awards, dan Amsterdam International Film Festival.

Menurut saya saat ini, film-film perjuangan sebaiknya sering untuk diputar. Agar anak-anak zaman sekarang tahu bahwa untuk mencapai kemerdekaan Indonesia itu tidak mudah. Ada perjuangan dari para pahlawan untuk bisa mengusir penjajah, jerih payah dari para pejuang. Tugas mereka saat ini melanjutkan perjuangan para pejuang dengan caranya masing-masing. Mengharumkan nama bangsa dengan kegiatan yang positif. Yuk, berhubung kita harus tetep di rumah aja, bisa mulai hunting film kemerdekaan untuk bisa ditonton bersama keluarga tercinta.  





 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar