Minggu, 15 November 2020

Konsisten, Kunci Dari Keberhasilan



Buat saya memasak adalah suatu hal yang cukup sulit dilakukan. Kenapa? karena saya merasa kalau saya selalu gagal ketika membuat suatu makanan. Pasti ada saja kurangnya, kurang garam lah, kurang rasa lah, ataupun tampilan masakan yang kurang cantik sehingga tidak menggugah selera. Ketika weekend tiba, saya selalu pusing karena bingung mau masak apa. Padahal saya sudah membuat menu bulanan namun karena saya selalu gagal dalam memasak maka menu tersebut saya abaikan. Paling saya hanya akan memilih menu masakan yang paling mudah seperti goreng-gorengan atau tumis-tumisan.

Sampai akhirnya pandemi Covid-19 ini muncul, kantor saya memberlakukan WFH (Work From Home) dan mengharuskan saya untuk bekerja dari rumah. Dan semua itu merubah segalanya, dimana sebagian hari saya pasti akan ada di rumah. Anak-anak dan suami mungkin juga akan merasa bosan dengan masakan yang saya buat jika tidak ada variasinya. Maka mulailah saya memberanikan diri kembali untuk belajar memasak, selain itu juga waktu awal-awal covid melanda, saya masih khawatir untuk membeli makanan dari luar. 

Maka mulailah saya menyusun menu masakan kembali, memilah-milah mana menu masakan yang sekiranya masih bisa saya buat di awal saya belajar masak. Saya tidak ikut kursus memasak namun belajar secara otodidak. Dari youtube, cari-cari video masakan di instagram, dan mendownload salah satu aplikasi masakan yaitu Cookpad (aplikasi cookpad ini salah satu aplikasi favorit saya karena ada banyak sekali resep masakan yang bisa dicoba, mulai dari resep masakan dengan bahan yang mudah sampai yang susah, padahal dengan resep masakan yang sama loh).

Saya terus belajar memasak, jika menurut saya masakan yang saya buat saya anggap gagal maka biasanya saya skip dulu masakan tersebut, lalu saya akan mencoba kembali beberapa hari kemudian. Saya juga mencoba untuk membuat cemilan untuk anak-anak agar mereka tidak bosan di rumah karena sekolah juga sedang diliburkan. Sampai pada akhirnya, saya memberanikan diri untuk memberikan beberapa contoh makanan yang saya buat kepada teman-teman saya, tidak dikira mereka suka dan menyuruh saya untuk menjual masakan saya tersebut kepada orang lain. Alhamdulillah bisa menjadi pemasukan tambahan di masa pandemi seperti ini.

Dari situ saya belajar bahwa kita pasti bisa melakukan segala sesuatu asal fokus. Terus mencoba walapun gagal di awal belajar, tapi percayalah jika kita konsisten dan tidak mudah menyerah maka hal yang kita inginkan pasti akan tercapai. Skill memasak saya pun masih jauh dari kata sempurna, namun selama saya terus belajar, maka hal yang tak mungkin akan menjadi mungkin. 


#ODOP #ODOPDay4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar