Selasa, 24 November 2020

Indahnya Mengikuti Lomba 17 Agustus Sewaktu Kecil

Setiap tanggal 17 Agustus kita merayakan kemerdekaan Indonesia. Di hari itu pasti banyak sekali diadakan lomba-lomba seperti panjat pinang, tarik tambang, lomba balap karung, dan lain sebagainya. Kalau di lingkungan RT saya dulu di malam harinya diadakan lomba kreasi, ada yang ikut lomba menari, lomba pidato, lomba make up, dan lomba desain baju untuk anak-anak.

Waktu itu usia saya masih sekitar umur 7 atau 8 tahun, biasanya saya dan teman-teman ikut lomba menari. Jadi sebulan sebelumnya setiap malam hari kami selalu berlatih. Pada hari H kami sangat semangat untuk bisa mengikuti lomba tersebut, seakan ingin segera malam tiba. Saya dan teman-teman menyiapkan segalanya dari siang hari, berdandan dan terus berlatih supaya tidak lupa ketika di atas panggung. Seingat saya sih akhinya kami tidak menang ya, tapi cukup seru karena bisa berkumpul dan merasakan euforia malam kemerdekaan. Mengingat hari itu membuat saya tersenyum, karena sangat berbeda dengan sekarang.

Mungkin di beberapa tempat, masih diadakan perayaan hari kemerdekaan seperti lomba pidato, story telling tentang bagaimana para pejuang merebut kembali kemerdekaan Indonesia atau membuat drama tentang perjuangan. Saya rasa hal seperti ini perlu untuk digerakkan kembali, agar anak-anak kita para penerus bangsa mengetahui sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Mereka harus bersyukur karena bisa menikmati segala kemudahan yang ada. Supaya mereka bisa meneruskan perjuangan para pahlawan dengan cara mereka di era modern seperti sekarang. 

Kalau di lingkungan rumah saya sepertinya lomba seperti dulu sudah tidak pernah diadakan lagi, kecuali lomba-lomba kecil seperti panjat pinang, makan kerupuk, balap karung dan permainan anak-anak lainnya. Itupun ketika 17 agustus kemarin kami tidak mengadakan lomba sama sekali dikarenakan pandemi. Mari kita doakan semoga pandemi ini cepat berakhir dan kita bisa berkumpul mengikuti lomba seperti dulu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar