Kamis, 26 November 2020

Nilai Plus yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Recruiter

Ada yang bilang kalau seorang hrd itu harus punya 'six sense', harus bisa membaca pikiran dan tingkah laku para pelamar yang akan bekerja di perusahaan tersebut. Apalagi posisi recruitment dimana mereka adalah garda depan untuk bisa mensortir data pelamar mulai dari data CV, hasil psikotes, hasil interview, track record di pekerjaan sebelumnya, dan mungkin juga melakukan kroscek di akun media sosial dari si pelamar supaya lebih mengetahui keseharian dari pelamar. Karena terkadang ada pelamar yang menampilkan 'perilaku baik' padahal sebenarnya di keseharian ybs ugal-ugalan atau memiliki track record pekerjaan yang kurang baik.


Begitupun saya dan teman-teman yang berada di tim HRD dan Recruitment, kita harus benar-benar mensortir semua data pelamar yang memang terpilih untuk menempati posisi yang sedang dicari. Terkadang kami sampai harus melakukan cucokologi antara golongan darah, shio, zodiak supaya mengetahui karakter si pelamar ketika harus bekerja sama dengan timnya. Ini kami lakukan sebagai gambaran awal saja ketika nanti harus mengajukan kepada user mengenai karakter dari anak buahnya.


Beberapa sih ada yang benar, seperti waktu itu kami merecruit pelamar untuk departement kami sendiri, kami melihat mulai dari hasil intv, media sosialnya, melihat perkiraan karakter dari zodiak, shio, elemen, golongan darah. Lalu kami melihat juga melihat bagaimana pekerjaan dia sebelumnya, bagaimana dia berinteraksi dengan lingkungan kerja sebelumnya.  Dan hasilnya bisa dikatakan 70% sesuai dengan prediksi kami sehingga kami bisa bekerja sama dengan baik sampai sekarang.


Tapi tak jarang juga saya dan tim saya salah perkiraan. Ketika kami perkirakan karakter dari si pelamar agak kurang baik, tapi ternyata pelamar tersebut memiliki komitmen yang baik dan sikap kerja yang baik. Bagus dalam bersosialisasi dengan tim maupun lingkungan kerjanya. Alhasil karyawan tersebut menjadi karyawan yang bagus performanya.


Saya rasa kemampuan untuk bisa membaca karakter pelamar harus dimiliki oleh setiap HR apalagi jika berhubungan dengan merecruit karyawan. Banyak buku-buku yang bisa dibaca untuk membaca karakter dari seseorang, baik melalui gesture, mimik wajah, tulisan tangan dan lain-lain. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar