Senin, 31 Agustus 2020

Belajar Leadership dan Komunikasi dari Ekstrakurikuler Rohis




Sewaktu SMA dulu, saya bukan tipe pelajar yang suka berorganisasi ataupun ikut ekskul (Extra kulikuler) aktif. Seingat saya hanya ada dua ekskul yang saya ikuti yaitu Rohis dan Pramuka. Namun memang yang lumayan aktif adalah di Rohis. Di awal-awal masuk SMA sebenarnya udah ngincer buat masuk OSIS, sempet ikut seleksi juga tapi gak lolos. Mungkin niat awalnya udah gak bagus karena masuk OSIS cuma buat gegayaan doang hahaha.

Pertama masuk Rohis juga gak disengaja sebenernya, waktu itu cuma sekedar nimbrung karena nganterin temen. Ikut mabit (malam bina iman) beberapa hari di sekolah, dan sejak rajin ikutin kajian di sekolah tanpa sadar mempengaruhi kondisi keimanan yang dirasa jauh lebih baik. Sholat jadi ontime,  lebih dapet pemikiran yang positif, dan hal yang saya rasa membawa perubahan adalah saya jadi bisa lebih banyak berbicara dan bisa mengemukakan pendapat saya.

Saya bukan tipikal orang yang suka banyak bicara, lebih senang memperhatikan lingkungan dulu baru mulai bisa untuk berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu saya punya kesulitan jika harus berbicara di depan banyak orang. Nah, di rohis ini dulu ada sesi keputrian, jadi kita harus kasih semacam materi ke adik-adik kelas. Walaupun memberikan materi ke adik kelas, tapi tetep aja grogi. Saya ingat ketika saya dapat jadwal untuk memberikan materi, itu semaleman saya enggak bisa tidur sangking deg-degannya.

Tapi dari situ saya banyak belajar, untuk mulai berani berbicara di depan banyak orang. Itu membantu saya ketika saya melakukan presentasi ketika interview kerja. Dari Rohis saya juga belajar untuk memimpin tim jika ada acara walaupun masih tim kecil. dan tanpa disadari hal kecil tersebut membantu saya ketika bekerja untuk pertama kali. Pengalaman yang sederhana namun bisa memberikan impact yang luar biasa untuk masuk ke tantangan yang sebenarnya. Pengalaman di Rohis membuat saya terus belajar untuk bisa mengurangi rasa grogi dan kurang pede ketika berbicara dan memimpin sebuah tim. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar