Senin, 31 Agustus 2020

Podcast Homeschooling - Rumah Inspirasi

Jadi, saya itu punya rencana mau meng-homeschoolingkan anak saya. Kenapa memilih jalur homeschooling? bukan karena enggak percaya sama sekolah formal yaa. Tapi lebih ke pengen membuat acara belajar itu lebih fun aja, gak selalu harus diem dan duduk mendengarkan gurunya berbicara. Terus pengen lebih melatih skill anak dan passion dia sedari kecil.

Saya sudah mengikuti beberapa komunitas homeschooling (HS), salah satunya adalah komunitas Rumah Inspirasi dan Masya Allah ternyata seru juga loh ikutin kelasnya. Jadi bisa tau dengan jelas apa sih yang pertama kali harus kita lakukan ketika kita berencana meng-HS kan anak. Satu point utama sih menurut saya dari sekian banyak point penting lainnya adalah komitmen dari orang tua. Karena HS itu benar-benar dibawah pengawasan kita, kita yang membuat kurikulum, kita yang mengajarkan pelajaran tersebut, dll. Jadi komitmen antara Bapak dan Ibu itu penting banget. Hambatan dan rintangan sudah pasti ada, jadi jika sudah ada komitmen yang kuat maka InsyaAllah semua bisa teratasi.

Salah satu hal yang penting lainnya ya kemauan si anak, apakah dia mau sekolah di rumah atau di sekolah. Ada beberapa anak yang karena melihat teman-temannya pakai baju seragam, bawa tas sekolah jadi pengen juga. Ini biasanya terjadi untuk anak yang baru mulai masuk sekolah ya sekitar kelas 1 SD. Maka bicarakan hal tersebut kepada anak kita. Berikan penjelasan ketika di sekolah akan seperti apa dan ketika belajar di rumah seperti apa. Dan jika anak sudah memilih maka kita sebagai orang tua harus tetap memberikan support yang maksimal kepada mereka.

Nah, rumah inspirasi juga ada podcastnya juga loh. Mereka ngobrolin hal-hal seru seputar HS, bisa juga jadi guide buat yang pengen memulai HS.  Mulai dari apa itu HS, membuat kurikulum, ngobrolin bagaimana sosialisasi anak HS, dan masih banyak lagi. Yuk yang pengen tau lebih jauh bisa langsung dengerin podcastnya di Rumah Inspirasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar