Rabu, 12 Agustus 2020

Edukasi untuk Anak Usia Dini di masa New Normal



Tanggal 13 Juli 2020 kemarin merupakan hari tergalau saya, kenapa? karena di tanggal tersebut anak saya yang nomor 1 dipersiapkan untuk sekolah tatap muka. Di daerah rumah kami Alhamdulillah sudah masuk ke zona hijau, namun tetap saja rasa khawatir melanda. Apalagi anak saya baru masuk ke Taman Kanak-Kanak. Memang sekolahnya memberikan pilihan kepada kami wali murid apakah mau daring atau tatap muka. Setelah berdiskusi dengan suami maka saya memutuskan untuk memilih tatap muka sambil melihat kondisi yang ada. Dan memang tatap muka nya tidak setiap hari, seminggu hanya 3 kali pertemuan.

Maka mulailah segala wejangan saya sampaikan ke anak saya, saya briefing dia kalau nanti akan ada  beberapa hal yang harus dia lakukan sebelum masuk ke kelasnya.  Alhamdulillah anaknya mengerti, karena selama pandemi ini kami juga sudah melakukan hal tersebut di dalam rumah. Hanya saja yang membuat saya khawatir karena saya tidak bisa memantau langsung, jadi memang benar-benar dia harus melakukan sesuai dengan yang saya infokan. 

Hal-hal yang harus dilakukan selama masa adaptasi new normal

Selama masa adaptasi new normal ini, butuh kedisiplinan yang kuat untuk bisa menjalankan segala kebiasaan baru. Anak-anak pun perlu diberikan pembekalan untuk menghadapi normal baru, seperti memberikan gambaran mengenai penyebab Covid-19 dan tindakan untuk mencegah penularan covid 19. Mereka juga harus dibiasakan disiplin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri, serta tetap menjaga fisik ketika berinteraksi dengan teman dan orang lain. 

Saya memberikan edukasi kepada anak saya mengenai protokol kesehatan seperti mencuci tangan sebelum makan, tetap memakai masker dan face shield selama di dalam kelas, tidak sembarangan menyentuh barang-barang di dalam kelas, sebisa mungkin jangan meminjamkan barang-barang miliknya ke temannya dan jika ingin menyentuh area muka harus cuci tangan terlebih dahulu. Saya juga menyiapkan bekal makanan sendiri dan membawakan handsanitizer. 

Proses adaptasi menuju pola hidup baru tersebut tidak mudah, apalagi untuk anak kecil. Harus diberikan penjelasan secara jelas kenapa mereka harus melakukan hal ini. Ini merupakan tantangan tersendiri untuk para orang tua untuk tetap terus mengingatkan anak-anak kita guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar