Rabu, 12 Agustus 2020

Menikmati Rezeki yang Telah Allah Beri



Pasti pernah denger dong peribahasa ini "rumput tetangga lebih hijau dari pada rumput sendiri". Yang artinya kira-kira seringkali kita menilai apa yang dimiliki orang lain selalu lebih baik daripada milik sendiri sehingga timbul rasa tidak puas bahkan iri. Pernah ngalaminnya juga atau enggak malah enggak pernah sama sekali? 

Sangat manusia sekali kalau terkadang terbersit rasa iri atas apa yang sudah dimiliki oleh orang lain, apalagi emak-emak kaya saya yang kadang julid kalau liat tetangga diliat punya perabotan baru hahaha.  Maunya mepet pak suami buat beliin barang baru juga, terus kalau sering kaya gitu kapan selesainya. 

Pasang surut rezeki pasti ada, namun Allah pasti sudah menentukan porsi yang pas buat kita. Dengan catatan ada usaha dan ikhtiar yang dilakukan untuk menjemput rezeki Allah. Karena mustahil tanpa usaha dan ikhtiar tiba-tiba ada rezeki yang datang dari langit. Fokuskanlah pikiranmu untuk memikirkan apapun yang diperintahkan Allah kepadamu. Jangan menyibukkannya dengan rezeki yang sudah dijamin untukmu. Karena rezeki dan ajal adalah dua hal yang sudah dijamin, selama masih ada hidup, rezeki pasti datang. 

Menikmati Rezeki yang telah Allah Beri

Manusia itu tidak ada yang pernah puas. Ketika Allah telah memberikan rezeki berlimpah, tetap selalu saja kekurangan. Karena diberikan rezeki lebih maka sifat manusia untuk berbelanja lebih, jadinya pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Kalau sudah hedonisme (lebih mementingkan kesenangan yang tidak sebanding dengan kemampuan keuangan) dan tidak bisa mengontrol hal tersebut jadilah berhutang. 
Nikmatin saja apapun yang telah Allah beri, tidak usah memperdulikan sesuatu itu sedikit atau banyak, karena semua yang Allah takar sungguh telah sesuai dengan apa yang kamu inginkan.


Yuk, mulai bersyukur atas apa yang didapat hari ini. Jangan banyak mengeluh tapi tidak melakukan apa-apa. Berhenti melirik dan membandingkan hidup kita dengan orang lain, hal tersebut hanya akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih sempit. Dobrak rezeki dengan bersedekah, InsyaAllah pintu-pintu rezeki Allah bukakan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar