Selasa, 01 Maret 2022

Menjadi Sang Pemenang Untuk Diri Sendiri




Menjadi seorang pemenang menurut saya adalah ketika kita bisa menaklukkan segala rasa cemas,  putus asa, malas, rasa ingin menyerah, dan hal negatif lainnya. Padahal kita memiliki semangat, fikiran, hati untuk bisa kita gunakan secara optimal. Selama kita yakin kita bisa melalui masalah tersebut maka InsyaAllah kita akan bisa jadi pemenang.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.

Salah satu ayat dari surat Al Baqarah ayat 286 ini yang menjadi penyemangat saya, ketika saya merasa ada dalam kesulitan maka saya selalu yakin, bahwa ketika Allah memberikan ujian ini maka ujian tersebut masih bisa saya lewati. Man Jadda Wa jadda, siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Untuk bersungguh-sungguh harus diawali dengan niat yang baik atas segala yang diinginkan.

Ada banyak kejadian yang saya rasakan ketika saya merasa bahwa saya telah menjadi pemenang atas masalah yang saya alami. Seperti waktu orang tua saya terkena corona, saya harus berjuang menguatkan Ibu saya yang terbilang sudah berusia renta, mencari rumah sakit, mencari donor plasma dimana waktu itu mendapatkan donor plasma adalaha hal yang mustahil. Alhamdulillah semua berjalan baik.

Ketika awal pandemi melanda Indonesia, dimana pendapatan juga menurun drastis. Semua pengeluaran harus terencana dan harus memutar otak untuk mencari pekerjaan sampingan agar arus kas keuangan juga tetap berjalan. Dan bisa sampai di titik ini juga bukan suatu hal yang mudah untuk saya, dan saya merasa saya sudah melakukan yang terbaik untuk bisa keluar dari permasalahan yang ada.

Kiat Untuk Menjadi Pemenang :

1. Berfikir Positif

Berfikir positif memang tak semudah yang diucapkan, namun itu adalah kunci kesuksesan. Tetap percaya diri namun mengoreksi segala kekurangan yang ada dalam diri pribadi

2. Memilih Lingkungan Yang Baik

Menurut saya support system adalah hal yang paling dibutuhkan ketika kita berada dalam masa-masa suram hehehe. Support system bisa dari keluarga, teman, rekan kerja, kolega yang senantiasa memberikan dukungan baik secara moril atau materil kapan pun kita butuhkan

3. Merangkai Tujuan

Tujuan dibuat agar kita mampu untuk meraihnya, ada baiknya kita membuat rancangan tujuan yang tepat dan sesuai agar semua keinginan kita tercapai. Namun perlu diperhatikan bahwa tujuan yang kita buat harus sesuai dengan keadaan ya. Jangan sampai membuat tujuan dengan ekspektasi tinggi namun sebenarnya kita terkukung dalam ambisi dan mengikuti hawa nafsu. 

4. Selalu Gigih dan Bisa Memotivasi Diri

Konsisten merupakan kunci dari seorang pemenang. Gigih dan terus berusaha, mampu untuk memotivasi diri walaupun ia dalama keadaan terpuruk. Orang yang terus memotivasi diri adalah orang yang memiliki karakter pemenang. Ia akan selalu melihat kegagalan adalah langkah baru menuju kesuksesan. Tentunya dengan perencanaan yang tepat. 

Menurut saya tantangan paling besar itu datang dari diri sendiri, karena terkadang mental breakdown menjadi musuh kita sebagai manusia. Maka dari itu, jangan menyerah karena hasil tidak akan menghianati proses. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar